Bacalah Quran, Hindari Kerugian

Coretan Umai #15

Muhammad Ali Imran, Lc.

Untung rugi biasanya lekat dengan aktifitas jual beli. Tapi di Surah ini Allah kaitkan dengan wal ‘ashri, yang berarti masa atau waktu di penghujung hari.

Ketika Allah bersumpah dengan “masa”, mesti ada pesan penting disebaliknya. Jangan sampai kita menyia-nyiakannya, karena perputaran masa adalah perjalanan hidup kita.

Saat tahun demi tahun terus bertukar, usia kita pun semakin memudar. Jika kita tak sempat memanfaatkan dengan benar, itulah kerugian yang amat besar!

Beruntunglah mereka yang beriman, yang hari-harinya penuh dengan beragam amalan. Selalu berusaha melakukan kebajikan, karena mengharap ridha Yang Maha Rahman.

Namun, untuk bertahan di jalan iman bukanlah mudah. Beramal pun amat jarang yang istiqamah. Sebab hati memang akan selalu berubah. Hasutan syaitan membuat susah semakin bertambah. Karena itulah kita perlu hidup berjamaah.

Dengan berjamaah kita bisa saling menguatkan. Saat iman lemah akan ada yang mengingatkan. Maka jangan ragu untuk saling mewasiatkan, dengan pesan taqwa dan kebenaran.

Menjalani hidup juga perlukan kesabaran, agar kita mampu menghadapi ujian dan cobaan. Sabar pun dituntut untuk melanggengkan ketaatan, termasuk saat berusaha menjauhi kemaksiatan.

Maka teruslah bersabar, karena orang sabarlah yang akan jadi pemenang!

Bacalah Quran, hindari kerugian!

15 Ramadan 1441
Inspirasi: Al-‘Ashr 1-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s