Bacalah Quran Agar Tak Sesal Kemudian

Coretan Umai #13

Muhammad Ali Imran, Lc.

Allah menyebutnya al-Qari’ah, hari yang menggemparkan!

Bagaimana tidak menggemparkan?! Pada hari itu langit terbelah, bumi berguncang, bintang-bintang berguguran. Bahkan gunung-gunung pun hancur berkeping, laksana bulu yang dihamburkan.

Menyaksikan semua kengerian itu, manusia pasti terguncang. Berlari ke sana kemari tak tentu arah dan tujuan. Umpama laron yang berterbangan tak karuan.

Padahal semua itu baru permulaan. Yang terjadi selanjutnya justru lebih mengerikan. Kita akan dihimpun di padang mahsyar, berbaris dalam diam dan penuh ketidakpastian. Semua menunggu hasil keputusan mizan.

Beruntunglah yang timbangan kebaikannya mendominasi. Karena hidupnya selepas itu akan diridhai. Diliputi berbagai kenikmatan yang tak tertandingi. Sudah tentu dia akan berpuas hati.

Kita berlindung kepada Allah, jangan sampai dosa-dosa kita yang justru memberati. Karena akibatnya sungguh menakutkan tak terperi. Di sana ada neraka Hawiyah yang menanti, yang jurangnya teramat dalam, dipenuhi nyala api.

Semua itu Allah gambarkan dengan nyata, agar kita segera menyadarinya. Selagi kesempatan masih tersisa, lakukanlah kebaikan sebanyak-banyaknya.

Hilangkan kebiasaan berkata “nanti dulu”, karena ajal kita tak ada yang tahu. Jangan sampai kita baru meyakini, ketika semua itu telah benar-benar terjadi.

Bacalah Quran agar tak menyesal kemudian!

13 Ramadan 1441
Inspirasi: Al-Qari’ah 1-11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s