Bacalah Quran, Bijak Memilih Amalan!

Coretan Umai #10

Muhamad Ali Imran, Lc

Kalau kita baca pembuka surah az-Zalzalah, akan terasa sensasi getaran di lisan kita. Terutama, jika huruf “zai” terpenuhi makhraj dan sifatnya. Ya, ayat itu memang tengah berkisah, tentang guncangan yang akan menimpa.

Mungkin di antara kita pernah diguncang gempa. Tapi percayalah, itu belum seberapa! Gempa yang satu ini memang teramat sangat dahsyatnya! Bumi yang kita diami, akan berguncang sekuat-kuatnya.

Kala itu terjadi, semua bayi yang sedang menyusu akan diterlantarkan. Setiap janin yang dikandung pun jatuh berguguran! Seluruh manusia panik tak tahu hala tujuan. Sungguh amat sangat mengerikan!

Kali ini bumi benar-benar mengamuk. Semua kandungannya habis dicampakkan. Manusia pun linglung layaknya orang mabuk. Semua bertanya-tanya, azab apakah gerangan?

Itulah saatnya bumi menyampaikan kabar. Mengikut perintah Allah Yang Maha Besar. Yaitu kabar tentang jejak yang ditinggalkan. Oleh makhluk yang bernama insan.

Itulah hari di mana kita akan dibangkitkan. Saat seluruh amalan akan ditayangkan. Segala yang tersembunyi akan ditampakkan. Betapa malunya kita, jika kemaksiatan yang banyak terpampang.

Jangan pernah sekalipun meremehkan amalan. Apakah itu kebaikan, maupun keburukan. Meski timbangannya amatlah ringan, di akhirat nanti tetap mendapat balasan.

Bacalah Quran, bijaklah memilih amalan!

10 Ramadan 1441
Inspirasi: Az-Zalzalah 1-8, Al-Hajj 1-2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s