SB PCIM Malaysia menjadi yang pertama mengadakan studi tour ke Observatorium, Al Khawarizmi, Melaka

Sanggar Bimbingan (SB) Kepong dan Kampung Baru, yang dikelola oleh PCIM Malaysia, merupakan salah satu lembaga pendidikan Indonesia pertama di Malaysia yang memberikan edukasi tentang Astronomi langsung di Observatory Al Khawarizmi Melaka, Malaysia, kepada siswanya.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20 Mei 2023 M yang bertepatan dengan 1 Dzulqadah 1444H, dua SB yang di kelola PCIM Malaysia ini mengadakan study tour ke observatorium atau di Malaysia disebut Balai Cerap.

Joko Satria, orang Indonesia yang bekerja di Balai Cerap Malaysia yang juga menjadi penasehat kegiatan ini, menyampaikan walaupun yang pertama, rasanya tidak bisa disebut kegiatan pendahuluan atau pilot, karena besarnya jumlah peserta, yaitu sekitar 130 orang. Dibanding peserta dari institusi lain, jumlah ini sangat besar, termasuk jika dibandingkan dengan kapasitas planetarium yang dimiliki balai cerap Al Khawairzmi yang hanya sekitar 90 orang.

Banyaknya peserta tidak mengherankan karena sejak awal kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa dan wali siswa. Hanya dalam dua hari, lebih dari seratus siswa dan orangtua siswa mendaftar sehingga pendaftaran harus ditutup lebih cepat karena khawatir peserta akan membludak dan panitia tidak dapat mengelola dengan baik. Antusiasme yang tergambar dari jumlah peserta yang besar ini, juga di apresiasi oleh Encik Nizam, sebagai wakil pengelola observatorium kepada wakil PCIM Malaysia, dengan berkali-kali menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan besar tersebut.

Dalam kegiatan yang dimulai dari pukul 4 sore ini, para siswa SB dan orangtuanya diajak belajar mengenai astronomi, diantaranya melihat bintang dan benda langit di dalam planetarium, melihat pameran antariksa dan barang-barang yang berhubungan dengan kajian astronomi, termasuk merasakan melihat objek dengan teleskop, mengamati hilal awal bulan Zulqadah, hingga malamnya mengamati dan mendapatkan pemaparan tentang bintang dan planet.

Para siswa pun sangat terkesan dengan kegiatan ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Nur Syahida, salah seorang siswi kelas 6 SB Kampung Baru, “Study tour ini adalah tour yg beda banget dibandingkan dengan tour-tour yang pernah saya ikuti. Tidak sedikit pengetahuan tentang ilmu astronomi yang saya peroleh, dan yang paling menakjubkan adalah ketika saya melihat [langsung] proses terbenamnya matahari, masya Allah,” katanya. Dia juga berharap agar ada program yang serupa di lain waktu. “PCIM Malaysia Hebat,” lanjutnya.

MPI PCIM Malaysia

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s